Inilah Gambar Wajah Tuhan Yesus Hasil Teknologi AI terhadap Kain Kafan Turin

Bagikan di:

Sepanjang sejarah, sejumlah seniman mulai dari Michelangelo hingga Leonardo da Vinci telah berupaya untuk membuat gambaran wajah Tuhan Yesus Kristus yang paling akurat melalui sapuan kuas mereka. Kini, di era digital, teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pun tidak mau ketinggalan. Teknologi ini coba mengungkapkan wajah asli Tuhan Yesus.

Baru-baru ini, teknologi AI digunakan untuk menampilkan wajah asli Tuhan Yesus berdasarkan Kain Kafan Turin.

Kain Kafan Turin adalah salah satu peninggalan Kristen yang sangat fenomenal dan dihormati. Kain ini dipercaya memuat gambar Tuhan Yesus setelah kematian-Nya. Cetakan wajah-Nya nampak samar-samar pada kain linen berukuran sekitar empat meter ini.

Kain ini ditelusuri kembali sampai ke tahun 1354 di Perancis utara, dan dikaitkan dengan Geoffroi de Charny, seorang ksatria Perancis yang terkenal. Namun, dari mana kain itu berasal masih menjadi misteri.

Keaslian kain kafan tersebut juga masih menjadi perdebatan sejak kemunculannya. Pada abad ke-14, kecurigaan muncul mengenai keabsahannya. Bahkan, Uskup Troyes pun mengatakan bahwa mungkin itu adalah bagian dari penggalangan dana untuk gereja Lirey. Paus Klemens VI, meski skeptis, mengizinkan penggunaannya sebagai “ikon” bukan sebagai “peninggalan”.

Di era modern, penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa kain kafan tersebut berasal dari Abad Pertengahan. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa sampel yang diberi tanggal tersebut merupakan hasil perbaikan di kemudian hari.

Hasil analisa AI terbaru menawarkan penggambaran Tuhan Yesus yang sangat nyata. Sosok Tuhan Yesus digambarkan ramping dengan rambut tergerai, mata lembut, tulang pipi menonjol, dan memiliki janggut. Penggambaran ini sejalan dengan banyak penggambaran artistik tentang Tuhan Yesus.

Tidak sedikit orang yang skeptis dengan hasil AI ini. Mereka menganggap gambar yang dihasilkan oleh AI kemungkinan dipengaruhi oleh penggambaran tentang Tuhan Yesus sebelumnya, atau jangan-jangan persepsi kolektif kita justru dibentuk oleh kain kafan itu sendiri.

Editor: OYR

Bagikan di:

Pelayanan Kategorial

DC Kids

Pelayanan Anak
0895-1771-8474

Youth Habakuk

Pelayanan Remaja & Pemuda
0821-1303-2727

Debora

Pelayanan Kaum Perempuan
0812-9744-1129

Efata

Pelayanan Kaum Pria
0853-1083-3921

Permohonan Doa

Jika Saudara membutuhkan dukungan doa khusus untuk didoakan di setiap jam doa kami, silakan mengisi Form Permohonan Doa.

Klik Di Sini

Kontak

Kontak Kami

Jika Saudara membutuhkan informasi atau layanan konseling, silakan menghubungi kami.

Alamat:

KAPEL ALFA
Taman Alfa Indah Blok J-1 No. 39
Jakarta Selatan

WhatsApp:

+62815-1341-3809